cropped-pin-ZI-2.png

PENGADILAN AGAMA PONTIANAK KELAS I.A

85fdecbf-0cfd-4bae-9251-561e40b8cea0
header home
Tenaga Teknis PA Pontianak pahami “CONTRA LEGEM” melalui Bimtek secara Online

Tampak Tenaga Teknis PA Pontianak sedang mengikuti Bimtek seara Online

Apa itu "CONTRA LEGEM" , itulah materi Bimbingan Teknis yang diikuti oleh Pimpinan, Hakim dan Bagian Kepaniteraan Pengadilan Agama Pontianak di Ruang Aula pada Hari Jum'at (17/05/2024). Kegiatan Bimtek secar Daring melalui Zoom Meeting yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama MA RI tersebut dibuka secara langsung oleh Dirjen Badilag MA RI Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. dan kemudian terkait materi Bimtek disampaikan oleh Dr. H. Edi Riadi, SH., MH., (Hakim Agung Kamar Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia) selaku Narasumber.

Dalam Materi yang disampaikan yakni tentang "CONTRA LEGEM" adalah frasa Latin yang berarti Bertentangan dengan hukum. (Pasal 24 ayat 1 UUD 1945, Pasal 5 ayat 1 UU 5/2004). Dalam Penerapan Hukum ada bebera[a hal yang disampaikan antara lain yakni :

  • Piramida hukum sebagaimana teori Stufenbau des Recht.
  • Nilai Moral : Norma Hukum yang terdapat dalam kitab suci, Hadits, UU dan nilai FIlosofis yang bersifat universal dan eternal (berlaku dimana saja dan kapan saja).
  • Norma Yuridis: Hukum dan/atau aturan perundangan
  • Fakta Sosial : Fakta dari hasil pembuktian di persidangan. Fakta yang berkembang di Tengah Masyarakat dan Obiter Dicta.
  • Hakim harus merujuk pada peraturan perundangan tetapi keadilan substansial acapkali melewati garis hukum tertulis dalam perundangan tersebut. Hakim bukan corong undang-undang (La boche de la loi). Hakim boleh menjadikan sumber hukum tidak tertulis sebagai dasar untuk mengadili (Pasal 50 ayat 1 UU 48/2009)
  • Diskresi Hakim: Kemerdekaan untuk dapat bertindak atas inisiatif sendiri agar bisa menyelesaikan persoalan yang sifatnya genting. Ia merupakan suatu bentuk penyimpangan terhadap asas legalitas dalam pengertian wet matigheid van bestuur (Setiap tindakan pemerintahan harus memiliki dasar hukum dalam satu peraturan perundangan).
  • Contra Legem adalah frasa Latin yang berarti Bertentangan dengan hukum. (Pasal 24 ayat 1 UUD 1945, Pasal 5 ayat 1 UU 5/2004)
Skip to content