Get Adobe Flash player

Expose Tim Monev MARI

 

Kamis (14/12). Tim Monev  Mahkamah Agung RI melakukan expose di Pengadilan Agama Pontianak terkait monitoring dan evaluasi pelaksanaan mediasi pada tanggal 13 Desember 2017. Kegiatan dilaksanakan diruang pertemuan Pengadilan  Agama Pontianak pada pukul 14.00 WIB.

Kegiatan expose dibuka oleh KPA Pontianak (Drs. H. Darmuji, SH., MH), dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada Tim Monev  Mahkamah Agung RI dan memohon maaf apabila dalam pelaksaan  monitoring dan evaluasi di Pengadilan Agama Pontianak terdapat kekurangan.

Selanjutnya ketua tim monitoring dan evaluasi pelaksanaan mediasi dari Mahkamah Agung RI yaitu Bapak Achmad Cholil, S.Ag., S.H., LL.M menyampaikan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh timnya. Dalam penyampaiannya beliau mengemukakan bahwa monitoring dibagi menjadi 4 area yaitu Tertib Administrasi dan Ketersediaan Dokumen, Sarana dan Prasarana, Kebijakan serta Administrasi Mediasi di SIPP. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi disimpulkan secara umum, bahwa pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama Pontianak sudah berjalan dengan Baik dan harus dipertahankan dan ditingkatkan. Lebih dari itu, seiring dengan baiknya pelaksanaan administrasi mediasi, tingkat keberhasilan mediasi pun diharapkan meningkat dari waktu ke waktu.

Setelah penyampaian hasil monitoring dan evaluasi oleh Bapak Achmad Cholil, S.Ag., S.H., LL.M selanjutnya Hakim Tinggi PTA Pontianak (Drs. H. Iri Hermansyah, S.H) memberikan tanggapan dan arahan. Beliau berharap agar mediator selalu bersikap serius dalam melaksanakan mediasi, jangan hanya sekedar formalitas. Beliau juga mengemukakan bahwa PTA Pontianak sudah menyiapkan ebook tentang mediasi didalamnya terdapat formulir-formulir yang berkaitan dengan mediasi. Selanjutnya beliau menyampaikan kepada hakim yang belum sertifikasi mediasi, agar dapat ikut serta pada kegiatan sertifikasi yang berikutnya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan diskusi. Dan pada sesi diskusi, tim monitoring dan evaluasi menyampaikan 4 (empat) sikap yang harus dimiliki mediator yaitu harus punya etikat baik atau jujur, serius/bersungguh-sungguh, sabar dan kreatif. Dengan memiliki keempat sikap tersebut diharapkan mediator dapat meningkatkan keberhasilan dalam mediasi.

Pencarian Informasi

Pilih Bahasa

Indonesian Arabic Danish Dutch English Filipino French German Italian Japanese Korean Spanish



LINK SITUS LAIN

POLLING

Apakah website ini telah memenuhi kebutuhan informasi anda di peradilan ?
 

Akses PA Se-Kalbar

 

ONLINE

Ada 13 tamu online

PENGUNJUNG

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday58
mod_vvisit_counterYesterday61
mod_vvisit_counterThis week119
mod_vvisit_counterThis month1013
mod_vvisit_counterAll367849

GALERI FOTO.

Tutorial Penyelesaian

Gugatan Ekonomi Syariah


Video yang berisi tentang

cara penyelesaian perkara ekonomi syariah

dengan acara yang sederhana


KLIK DISINI

POJOK INFO

HINDARI CALO / MAKELAR KASUS (MARKUS) DALAM BERPERKARA DI PENGADILAN AGAMA PONTIANAK KELAS I-A



TERIMA KASIH ATAS DUKUNGAN ANDA DENGAN TIDAK MEMBERIKAN IMBALAN DALAM BENTUK APAPUN KEPADA SELURUH PEGAWAI PENGADILAN AGAMA PONTIANAK KELAS I-A


POSBAKUM

Pengadilan Agama Pontianak Kelas I-A telah bekerjasama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dalam memberikan Bantuan Hukum melalui Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) bagi orang yang tidak mampu. Posbakum memberikan pelayanan antara lain Konsultasi, Pembuatan Surat Gugatan / Permohonan dan Bantuan Hukum lainnya yang berhubungan dengan Tupoksi Pengadilan Agama.


BERPERKARA SECARA CUMA-CUMA (PRODEO)

Bagi Penggugat / Pemohon yang tidak mampu, dapat mengajukan permohonan / gugatan secara prodeo bersamaan dengan surat gugatan/permohonan, baik secara tertulis atau lisan dengan melampirkan Surat Keterangan tidak mampu dari Kepala desa/Kelurahan atau yang setingkatnya (Pasal 60B Undang-Undang No. 50 Tahun 2009), atau keterangan sosial lainnya seperti : Kartu Keluarga Miskin (KKM), Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT).


PERLU INFORMASI ?

Hubungi Petugas Meja Informasi Kami di Nomor Telepon : (0561) 711856 atau datang langsung ke Gedung Pengadilan Agama Pontianak Kelas I-A Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor : 8 Pontianak. Permintaan informasi akan dilayani jika berkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) dari Pengadilan Agama.

JAM PELAYANAN INFORMASI

Hari Senin s/d Kamis :

Pukul. 08.00 Wib - 16.30 Wib

Istirahat : 12.00 Wib - 13.00 Wib

Hari Jum'at :

Pukul. 08.00 Wib - 17.00 Wib

Istirahat : 11.30 Wib - 13.00 Wib